Kamis, 26 Maret 2020

4 Tips Sewa Kantor Murah Bagi Para Pengusaha Startup


Apakah Anda baru pertama kali sewa kantor murah? Sebuah bisnis pasti membutuhkan properti untuk mendukung kegiatan bisnis tersebut, salah satunya adalah kantor. Pada umumnya kantor memiliki beberapa ruangan yang terdiri dari ruang pimpinan, ruang staf personel, hingga ruangan penunjang lain seperti lobby, pantry, tempat ibadah, dan lain-lain. Bagi Anda yang merupakan pebisnis pemula, keterbatasan modal dan beberapa pertimbangan tertentu membuat Anda memilih untuk menyewa daripada membeli kantor. Menyewa kantor pun prosesnya lebih mudah dan sederhana. Namun sebelum menyewa kantor, Anda perlu mempertimbangakan beberapa hal secara matang. Untuk itu simak 4 tips menyewa kantor pertama kali berikut ini.

4 Tips Sewa Kantor Murah Bagi Para Pengusaha Startup

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi kantor yang strategis ternyata penting dalam dunia bisnis. Pikirkan dengan matang lokasi kantor sewaan Anda, apakah Anda akan menyewa di pinggiran kota, pusat kota, atau bahkan pedesaaan? Jika Anda memutuskan untuk menyewa kantor di pusat kota memang perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal, namun sebanding dengan kemudahan yang Anda dapatkan seperti mudah dijangkau investor, karyawan, ataupun mitra bisnis.

Lokasi yang strategis juga dapat dikatakan dekat dengan akses transportasi umum, dekat dengan kantin maupun warung makan, maupun dekat dengan pusat perbelanjaan sehingga banyak dilalui orang-orang.

2. Buat Rincian Anggaran

Karena ini kali pertama Anda sewa kantor murah, untuk itu Anda perlu menyusun anggaran menyewa kantor secara terperinci. Anda perlu untuk memikirkan berapa besaran biaya sewa kantor per bulan dan juga biaya sewa kantor untuk beberapa tahun ke depan.

Selain biaya sewa, Anda juga perlu untuk memikirkan biaya tak terduga yang mungkin dibebankan kepada Anda sebagai penyewa, seperti biaya perjanjian sewa, biaya pengurusan izin gangguan, biaya keamanan dan biaya-biaya lainnya. Selain itu, Anda juga perlu menyusun anggaran untuk pembelian perlengkapan kantor, seperti furniture maupun perlengkapan kantor seperti printer, komputer, AC, dan lain sebagainya. 

3. Kustomisasi Kantor

Setelah menjatuhkan pilihan, saatnya untuk mempertimbangkan kustomsasi ruangan kantor sesuai dengan ranah bisnis dan juga visi misi perusahaan Anda. Misalnya perusahaan Anda bergerak dalam bidang traveling, Anda dapat menggunakan properti kantor yang terkesan kasual dan terlihat nyaman. Tambahkan beberapa properti pendukung seperti lukisan peta dunia maupun beberapa foto objek wisata di berbagai negara.

4. Pertimbangkan Masa Depan Bisnis

Setiap pebisnis pasti mengharapkan bisnisnya dapat berjalan dengan baik dan dapat terus berkembang. Untuk itu Anda perlu mempertimbangkan apakah akan memperpanjang masa sewa kantor tersebut, ataukah harus berpindah ke kantor lain yang lebih besar. Jika Anda memutuskan untuk tetap memilih kantor tersebut dan berniat untuk memperpanjang masa sewa, diskusikan dengan pemilik kantor agar Anda bisa mendapatkan harga sewa yang lebih murah.

Nah jika suatu saat Anda memutuskan untuk mengakhiri masa sewa sebelum waktunya, Anda perlu mendiskusikan baik-baik dengan pemilik kantor. Tanyakan apakah ada denda maupun biaya lain yang perlu Anda bayarkan sebagai konsekuensi.

Demikianlah 4 tips sewa kantor murah. Semoga Anda dapat menemukan kantor sewa yang sesuai dengan kriteria Anda.