Minggu, 29 Maret 2020

Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis


Penggunaan tabung gas di setiap rumah tangga sudah jadi kebutuhan wajib. Keamanan dan penggunaan tabung gas semakin diperhitungkan. Sehingga akibat tabung gas bocor dan terjadinya ledakan sering diakibatkan oleh kurangnya kesadaran dari pihak masyarakat. Penggunaan tabung gas seringkali salah. Sehingga kondisi tabung gas mendesis akan jadi masalah serius jika tidak ditangani secara tepat.

Kondisi tabung gas di pasaran sudah memiliki standar terbaik. Karena itulah, potensi terjadinya kerusakan pada tabung belum banyak terjadi. Akan tetapi kasus mengenai tabung gas bocor sering terjadi akibat adanya faktor desisan hingga gas keluar memicu ledakan.

Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis

Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis
Kebocoran gas sering terjadi antara regulator dengan mulut tabung. Karena itulah kondisi dari karet seal tabung yang rusak seringkali membuat kondisi gas keluar dan berdesis. Banyak kalangan tidak menyadari hal ini, karena kondisi tabung gas yang mendesis bisa menyebabkan resiko besar. Apalagi kebocoran gas tidak disadari saat sebuah ruangan penuh dengan berbagai macam perangkat elektronik hingga memicu ledakan gas. Lalu seperti apa cara tepat untuk mengatasi tabung gas mendesis?

Pastikan Kualitas Seal Karet Benar-Benar Baik
Sarana seal karet pada proses pemasangan regulator terhadap mulut tabung harus dicermati kembali. Karena itulah kondisi seal karet harus baik dan sempurna saat di pasang. Terkadang tidak banyak orang menyadari kondisi seal yang sudah rusak dan tidak utuh bentuknya memberi potensi terjadinya desisan dan kebocoran. Karena itu cek dari kondisi seal karet, bila masih terdengar mendesis segera ganti dengan seal karet yang baru.

Cek Kualitas Regulator
Tidak hanya dari bagian seal karet saja, akan tetapi pada bagian regulator juga harus dicermati. Kualitas regulator sangat diperhitungkan. Sampai akhirnya porsi untuk penggunaan regulator harus mendapatkan pergantian selama 5 bulan sekali. Standar regulator rata-rata hampir sama di pasaran, karena sudah berstandar SNI. Sedangkan untuk prosedur pemasangannya sendiri juga mengacu pada berbagai macam peluang untuk mengurangi kebocoran. Jika usia regulator lebih dari 4 bulan biasanya terjadi lekukan di bagian atas dan berpotensi buruk pada penggunaan jangka panjang.

Pemberian Seal Karet Tambahan
Penambahan seal karet pada proses pemasangan segulator ke mulut tabung gas sangatlah penting. Terkadang banyak kalangan belum mengetahui secara pasti apa saja pengaruh dari ketebalan karet yang saat ini dihadirkan pada setiap tabung gas. Karena itulah gunakan seal cadangan baik baru ataupun bekas untuk menambah seal bawaan hingga bisa mencegah terjadinya suara mendesis pada mulut tabung gas.

Menambah Lakban Pada Seal Karet
Meskipun terdengar sederhana, tetapi dampak besar dari penggunaan lakban untuk menambah lapisan seal karet benar-benar efektif. Caranya sangat mudah potong lilitan lakban secukupnya, kemudian lilitkan lakban ke bagian leher mulut gas, dan masukkan seal karet yang sudah dililit lakban sebelumnya. Pasanglah regulator kembali, dan cek suaranya. Bila tidak ada bunyi desisan berarti tidak ada kebocoran, dan kompor gas sudah bisa dinyalakan.

Terkadang suara mendesis pada tabung gas dan regulator diabaikan karena merasa yakin dengan kualitas regulator dan seal karet. Padahal dari segi efektifnya ada beberapa langkah tepat untuk memastikan tidak ada suara mendesis. Meskipun sepele, tetapi dampak buruk dari desisan pada tabung gas dan regulator tersebut bisa memberi efek ledakan serius. Oleh sebab itu sekarang kondisi tabung gas mendesis sudah bisa dicegah dengan cara-cara di atas. Jangan lupa selalu cek keamanan tabung gas dan pergantian regulator secara rutin agar tak terjadi kebocoran.