Rabu, 11 Maret 2020

Kelebihan Mendapat Dana dari Angel Investor


Para pendiri startup baru tentu saja membutuhkan pendanaan yang cukup dalam proses perkembangannya. Kebanyakan startup lebih memilih cara bootstrapping atau menggunakan modal yang berasal dari diri sendiri dan juga bantuan dari pihak terdekat seperti keluarga, teman, hingga kerabat dekat. Apabila modal masih belum cukup juga, mengajukan bantuan dana kepada angel investor juga bisa menjadi salah satu jalan alternatif lain untuk bisa mendapatkan pendanaan.

Biasanya jumlah dana yang diberikan oleh angel investor ini tidak akan terlalu besar namun dapat disesuaikan sebagai modal awal dalam memulai startup da mengembangkannya. Angel investor atau yang biasa juga disebut dengan dana malaikat ini juga memiliki beberapa kelebihan dalam proses pendanaannya. Apa saja kelebihannya? Simak beberapa kelebihan agel investor berikut ini.

Kelebihan Mendapat Dana dari Angel Investor

1. Lebih fleksibel
Apabila dibandingkan dengan pengajuan pinjaman dana pada bank yang saat ini dirasa masih membatasi gerak dari startup baru untuk bisa mendapatkan pinjaman, kehadiran angel investor ini menjadi salah satu jalan alternatif yang bisa ditempuh oleh pelaku startup dalam menjalankan bisnis. Pasalnya kebanyakan angel investor ini memiliki kekayaan pribadi yang bisa dipinjamkan kepada pelaku usaha namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh kedua belah pihak dalam melakukan perjanjian. Angel investor akan memberikan investasi online berupa pendanaan berupa persyaratan yang disepakati bersama. Contohnya seperti sistem bagi hasil hingga pinjaman terlunasi atau pengembangan perusahaan dengan suntikan dana yang bisa dilakukan.

2. Bisa melakukan konsultasi dan mentoring
Selain memberikan suntikan dana, angel investor juga biasanya memberikan konsultasi dan mentoring langsung yang memudahkan para pelaku startup untuk bisa terus mengembangkan usahanya. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan investor malaikat ini merupakan para entrepreneur yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang bisnis. Sehingga semua pengetahuan yang dimiliki olehnya dapat dibagi dengan para pelaku startup baru. Hal ini tentu menjadi sebuah nilai plus yang dimiliki oleh angel investor.

Pasalnya selain bisa memberikan dana, mereka juga mampu memberikan mentoring dan membuka program konsultasi kepada semua orang yang ingin memulai usaha. Selain itu kebanyakan angel investor ini mengajak semua orang yang memiliki ide cemerlang untuk mewujudkannya dalam bisnis dan mulai mengembangkannya.

3. Tak harus membayar biaya bulanan
Kelebihan lainnya saat mengajukan pinjaman modal atau dana usaha melalui angel investor adalah tidak harus membayar biaya bulanan kepada mereka. Pasalnya angel investor ini sistemnya berbeda dengan bank yang mengharuskan para peminjamnya untuk mengembalikan pinjaman yang dilakukannya dengan cara membayar biaya bulanan menurut besar yang dimiliki. Berbeda dengan angel investor yang uang pinjamannya dibayarkan melalui bagi hasil dari setiap keuntungan yang didapatkan dan disesuaikan dengan investasi yang diberikan oleh mereka.